Tutorial Vb.net Dan Selenium Part I


Jika selama ini anda membuat otomasi browser, bot atau sejenisnya, masih menggunakan WebBrowserControl(IE) bawaan visual studio, artinya anda ketinggalan jaman, termasuk saya juga. Beberapa hari lalu saya dipusingkan dengan pembuatan data scraper,karena IE tidak mendukung beberapa script web yang akan saya ambil datanya. Alhasil, saya harus cari-cari alternativ solusi. Ketemulah, “SELENIUM”.
Selenium adalah tools, yang sebenarnya sudah lama (tapi saya baru tahu), digunakan untuk testing suatu web page secara otomatis. Secara real world, fungsi selenium lebih besar daripada itu. Biasanya (dari pekerjaan saya) tools semacam ini digunakan untuk mengambil content (scraping) suatu halaman web, atau dgunakan untuk upload data ke suatu alamat web. Contoh yang banyak dijual adalah, tools untuk mengupload produk ke situs tokopedia/shopee/bukalapak dll. Dengan sekali klik, anda bisa mengupload ratusan data sekaligus.
Banyak bahasa pemrograman yang mendukung selenium, antara lain: .net, java, phyton, php dsb. Semua script sangat mirip, cuma beda 1-2 huruf saja. Jadi terserah kamu bisa pemrograman apa, tingga melakukan penyesuaian. Pada tutorial ini, saya menggunakan .net (VB)
Sebagai dasar, berkenalan dengan memprakteken langsung , membuat aplikasi menggunakan selenium.
1. Buat Project Baru
2. Download library selenium
  • Klik kanan project, manage nuget package
  • Download Selenium.WebDriver
  • Download library selenium browse (Chrome, Firefox, Safary)–silakan pilih salah satu misal, Selenium.Chrome.WebDriver
3. Test
Pada tutorial pertama ini, kita coba menampilkan halaman web menggunakan selenium
seperti biasanyanya, kita definiskan dahulu object nya
Tambahkan tombol, misa beri nama btnRun, buat even onClick, tulis script berikut

Comments

  1. mas terusan nya mana,kok gakada terusanya

    ReplyDelete
  2. Memang susah mencari tutorial seputar selenium dengan vb net, untung bertemu dengan blog ini dan sangat membantu kami dalam memahami nya... sahabat bisa juga mampir ke rumah kami yang sederhana :
    https://tekno-g.blogspot.com/2021/10/cara-install-dan-setting-selenium-di-vb-net.html

    ReplyDelete

Post a Comment